Profil

Program Studi Ilmu Komunikasi yang termasuk dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Serang Raya berdiri sejak tanggal 23 Desember tahun 2008 berdasarkan SK Kepmendiknas RI No. 262/D/O/2008. Prodi Komunikasi memiliki 2 (dua) konsentrasi bidang keilmuan yaitu Jurnalistik dan Public Relations. Jurnalistik memiliki konsep pendukung yang dimaksudkan untuk memberikan wawasan pengetahuan teoritis, kemampuan konseptual dan keterampilan mengenai teknik-teknik penulisan berita dan reportase, cyber media dan jurnalistik on line, teknik lay out, hingga pada keterampilan memproduksi televisi dan radio. Sedangkan  Public Relations meliputi kegiatan menjaga, membina, mengembangkan, mengatur interaksi timbal balik, alur komunikasi dan hubungan baik antara stakeholder internal dan eksternal guna membentuk, mengelola dan melindungi reputasi organisasi. Sehingga diperlukan keterampilan khusus seperti public speaking, marketing public relations, media relations, kampanye public relations dan teknik presentasi dan negosiasi.

Sejak didirikan, Prodi Komunikasi telah berkomitmen untuk menjadi bagian penting dalam pengembangan keilmuan dan penyiapan sumberdaya manusia yang unggul dan berwawasan global dalam bidang teknologi komunikasi.

Dengan visi ‘Menjadi Program Studi Komunikasi yang unggul, bermartabat, dan berwawasan global dalam bidang teknologi komunikasi ditingkat lokal maupun nasional pada tahun 2025’, Program Studi telah menetapkan sejumlah langkah yang terangkum dalam misi lembaga, yaitu: (1) Menyelenggaran pendidikan dan pengajaran di bidang ilmu komunikasi secara profesional; (2) Menyelenggarakan penelitian yang kreatif, inovatif, dan solutif untuk menunjang pengembangan ilmu-ilmu komunikasi, khususnya di bidang teknologi komunikasi baik di tingkat lokal maupun nasional; (3) Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara konsisten dan berkesinambungan serta mendorong terciptanya  masyarakat sadar teknologi komunikasi baik di tingkat lokal maupun nasional; dan (4) Mendidik generasi bermartabat, siap menghadapi perubahan global dengan menguasai keahlian, ilmu pengetahuan, dan teknologi berlandaskan keimanan dan ketaqwaan.

Dengan visi dan misi tersebut diharapkan dapat muncul lulusan yang handal ilmu dan keterampilan, berbudi pekerti luhur, dan siap bersaing baik di tingkat lokal, nasional, maupun global. Selain itu, para lulusan juga diharapkan dapat bekerja di berbagai bidang seperti jurnalis, konsultan public relations, birokrasi pemerintahan, perbankan, BUMN/BUMD, NGO, dan perusahaan swasta nasional atau multinasional lainnya.

Visi, Misi, dan Tujuan, PRODI ILMU KOMUNIKASI

VISI

Menjadi Program Studi Komunikasi yang unggul, bermartabat, dan berwawasan global dalam bidang teknologi komunikasi ditingkat lokal maupun nasional pada tahun 2025.

MISI

  1. Menyelenggaran pendidikan dan pengajaran di bidang ilmu komunikasi secara profesional
  2. Menyelenggarakan penelitian yang kreatif, inovatif, dan solutif untuk menunjang pengembangan ilmu-ilmu komunikasi, khususnya di bidang teknologi komunikasi baik di tingkat lokal maupun nasional
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara konsisten dan berkesinambungan serta mendorong terciptanya  masyarakat sadar teknologi komunikasi baik di tingkat lokal maupun nasional
  4. Mendidik generasi bermartabat, siap menghadapi perubahan global dengan menguasai keahlian, ilmu pengetahuan, dan teknologi berlandaskan keimanan dan ketaqwaan.

TUJUAN

  1. Menguasai dasar-dasar ilmiah dalam bidang komunikasi, sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan problem solving sesuai dengan keahliannya
  2. Menghasilkan berbagai penelitian di bidang komunikasi sebagai solusi dalam menyelesaikan persoalan di masyarakat
  3. Mampu mengaplikasikan keilmuan di bidang komunikasi dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat baik di tingkat lokal maupun nasional
  4. Menjadikan civitas akademik yang bermartabat, mampu menghadapi globalisasi berbekal penguasan ilmu pengetahuan dan teknologi, dilandasi iman dan taqwa